Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 31 Oktober 2010

Strategi Pemasaran

STRATEGI PEMASARAN

A.pengertian pemasaran.

Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah, maka perlu mencari jalan keluar untuk mengoptimalkan pemasaran yang sesuai. Namun, agar lebih tahu tentang pemasaran.

Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiata-kegiatan bisnis yang ditunjukkan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

B.Konsep dalam pemasaran

Untuk mendukung kegiatan pemasaran secara umum terdapat lima konsep pemasaran yaitu :

a) Konsep produksi (The production concept)

Konsep ini untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi, biaya rendah dan distribusi secara masal.

b) Konsep produk (The produc concept)

Konsep ini untuk membuat produk yang berkuwalitas dan memperbaiki produk dari waktu ke waktu.

c) Konsep penjualan (The selling concept)

Konsep ini melakukan usaha promosi dan penjualan yang agresif digunakan untuk unsought goods yaitu barang-barang yang umumnya tidak diperkirakan oleh konsumen untuk dibeli

d) Konsep pemasaran (The marketing concept)

Konsep ini berusaha mencapai tujuan perusahaan yaitu menciptakan, mendistribusikan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang terbaik untuk pasar sasaran yang dipilih lebih efektif dari pada pesaing.

e) Konsep pelanggan (The customer concept)

Konsep ini perusahaan berusaha mengumpulkan informasi tentang kegiatan transaksi pelanggan dimasa lampau, demografi pelanggan, pesikolografi pelanggan, media yang menjangkau pelanggan dan saluran distribusi yang dipilih pelanggan.

C.Pengendalian saluran distribusi.

Untuk membuat agar penyalur independen dapat lebih terikat pada produsen, maka produsen harus mengambil beberapa kebijakan seperti :

1) Produsen harus menyatakan bahwa tugasnya tidak berakhir pada saat produk terjual, tetapi masih perlu memberikan pelayanan sesudah penjualan kepada pembeli akhir.

2) Produsen harus menyatakan bahwa masalah yang dihadapi penyalur merupakan masalah bagi produsen yang tidak dapat diabaikan jika ingin mempertahankan posisi pasarnya.

3) Produsen harus memberi ganti kepada penyalur atas garansi dan serfis lain yang diberikannya pada para pembeli.

4) Produsen harus dapat memberikan semangat pada penyalur dengan memberi sejumlah insentif.

D.Promosi

Promosi sering dikatakan sebagai “proses berlanjut” karena dapat menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan.Oleh karena itu, promosi dipandang sebagai arus informasi atau persuasi suatu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

Beberapa kegiatan yang ada dalam promosi ini pada umumnya ada 4 (empat) yaitu

- Periklanan

- Peersonal selling

- Promosi penjualan

- Publisitas dan hubungan masnyarakat.

Tidak ada komentar: